Membedakan Face dan Edge Di dalam Google sketchup

blogger templates

Belajar Lagi Google Sketchup 


Google sketchup
Belajar Google Sketchup
Terima kasih masih setia membuka blog saya tentang google Sketchup dari tutorial yang sudah saya berikan melalui video dari Lynda.com, saya yakin mempermudah teman-teman mempelajari tentang google Sketchup, trip dan trik yang saya dapatkan semuanya sudah saya sampaikan, tetapi saya berfikir mungkin dari teman-teman bisa tapi kurang paham, makanya disini saya akan menerangkan satu persatu pengertian pengertian di dalam google sketchup, saya yakin teman-teman sudah paham dan mengerti tapi ijinkan saya untuk menerangkan dan membahasnya, semoga tulisan ini bermanfaat kepada teman teman sekalian. 
Seperti kita mencoba mengendarai sebuah motor atau mobil pertama kali, secara garis besar untuk mengendarai nya cukup menyalakan mesin dan tancap gas, tapi teman lupa untuk  mengendarai nya kita mesti tahu ilmunya juga bagaimana cara masukan gigi porseneling, pengereman, lampu untuk berbelok dan lainnya. maka ada ilmunya tertentu, seperti hanya dengan google sketchup  untuk belajar pertama kali kilta harus mengenal namanya Face and edge atau Muka dan tepi, yang kedua cara SketchUp memungkinkan Anda bekerja di 3D (tiga dimensi) pada Permukaan datar dan permukaan 2D - dimana  komputer Anda dapat Memahami bagaimana SketchUp kedalaman dimensi gambar dari model yang anda buat dan Jika Anda belum pernah menggunakan software 3D, yang ketiga ni adalah semua tentang hal yang perlu Anda lakukan semua seperti navigasi di sekitar model, menggambar garis,memilih objek, dan bekerja dengan pengukuran yang akurat.

Face And Edge (Permukaan dan Garis) Google sketchup

Dalam SketchUp, terdiri dari dua macam hal yaitu Tepi atau garis dan permukaan yang dihadapinya, seperti halnya blok dasar bangunan yang anda buat pasti memiliki garis dan permukaan, Coba anda perhatikan gambar dibawah ini, terdapat 12 garis tepi dan 6 permukaan.

google Sketchup
Edge and face 

Gambar di atas dibuat dari rectangle dan di tarik menggunakan push/pull buton.
Garis atau line dapat menggunakan banyak alat yang berbeda untuk membuatnya, menghapus, memindahkanny, menyembunyikan, dan bahkan meregangkannya. Berikut adalah beberapa hal yang harus tahu tentang garis tepi dalam sketchup:
  • Edge atau garis  selalu lurus. tidak Semua model dalam sketchup anda memiliki garis tepi,  tetapi semua garis tepi merupakan garis lurus, di dalam google sketchup lingkaran dan busur terdiri dari segmen-segemen garis lurus.

Edge

  • Edge tidak memiliki ketebalan. Yang ini agak sulit dimengerti, tapi anda tidak perlu khawatir tentang berapa tebal tepi di dalam model yang anda buat, karena sudah dia atur oleh sketchup, tapi kadang-kadang anda melihat beberapa perbedaan diantara ketebalan dari garis tepi atau edge.
  • Hanya karena Anda tidak dapat melihat tepi Edge/garis tepi tidak berarti mereka tidak ada. edge/garis tepi dapat disembunyikan sehingga anda tidak melihatnya. Gambar seblah kiri terlihat bulat mulus, dan disebalah kana terlihat garis tepi yang telah disembunyikan.
                                                                                                      Edge/garis tepi
google Sketchup
Edge
Sekilas tentang face atau permukaan bidang pada google sketchup, Permukaan Face selalu datar di dalam SketchUp, bahkan permukaan yang terlihat melengkung terdiri dari beberapa permukaan bidang datar.


Google Sketchup
Face Bidang datar

Dapat dilihat gambar sebelah kiri, terlihat lingkaran yang sempurna tapi ketika kita coba memperbesar gambar maka akan terlihat dalam lingkaran terdiri dari beberapa bidang atau permukaan datar, tapi tidak perlu khawatir di dalam google sketchup mempunyai tool smothing yang dapat merapikan atau memperhalus yang nanti kita bahas. Face adalah bidang yang selalu datar dan tidak mempunyai ketebalan apabila anda akan membuat sebuah dinding maka diperlukan 2 buah face atau bidang datar.

Hubungan antara Face(Muka) dan Edge (Garis Tepi)

Sekarang Anda tahu bahwa model yang dibuat  terdiri dari tepi dan wajah, Berikut beberapa informasi yang  hubungan antara fce dan edge;

  • Sketchup secara otomatis membuat face/muka/bidang ketika anda menggambar bentuk tertutup, dari tiga atau lebih sisi garis/edge tepi dan menghubungkannya.
  • Sketchup secara otomatis membentuk bidang/face, tetapi anda bisa menghapusnya tanpa menghilangkan garis/edge nya. dengan cara klik kanan di bidang/face yang akan kita hapus lalu exsekusi dengan erese.


Google Sketchup
Hubungan Face dan Edge
 
Google Sketchup
Bidang ATau Face di Hapus


  • Jika Anda menghapus salah satu ujungnya garisnya/edge nya  maka secara otomatis  face atau bidangnya terhapus juga. 
  • Jika anda menemukan bidang/face terhapus, maka cukup anda menarik garis (tool line) dan secara otomatis face/bidang/muka akan terbentuk.
    Pembentukan Face/bidang
  • Anda dapat ber kreasi dengan menggunakan tol line, circle, poligon dan push/pull dengan mebagi, membelah menarik sebuah kubus yang anda buat dan perhatikan perubahan-perubahan di dalam kubus tersebut, yang secara otomatis terbentuk face/bidang yang baru. 
    Google Sketchup
    Kreasi Google Sketchup Hubungan Face dan Edge
Sekirinya dari penjelasan di atas anda dan saya dapat menerti tentang hubungan antara face dan edge, dan dapat mengaplikasikannya, semoga tulisan ini memberi manfaat bagi saya dan anda. dalam lebih mengenal tentang google Sketchup dan mengaplikasinya, next kita lanjut pembahasan sketchup dengan tool lainnya........ 





1 Response to "Membedakan Face dan Edge Di dalam Google sketchup"

  1. permisi gan, mau bertanya, saya download model di 3d warehouse tapi mengapa pada saat di buka edge/garis modelnya kok kurang mulus, saya sudah otak atik di "view" dn tidak menemukan solusi.bagaimana caranya menghapus/memperhalus garis pada model bang? makasih

    ReplyDelete

BeGo Adwords 250x250
Seni Menjadi Pedagang Online 336x280