Membuat Tekstur dan Material Google Sketchup

blogger templates

Google Sketchup  Tekstur dan Material

Google SketchUpSebelumnya saya minta maaf karena sesuatu dan lain hal yang menyebabkan terlambat nya update kelanjutan mengenai google sketchup. terakhir kita membahas tentang organisasi scane pada google sketchup, dan lanjut ke poin berikutnya yaitu tekstur dan material. seperti kita ketahui penggunaan tekstur dan material banyaknya di gunakan dalam dunia interior, seperti lantai, dinding, halaman dan lainnya, komponen tersbut ada yang sudah berada di dalam program atau pun kita bebas mengunduh secara online di Web dan Situs tertentu.
material dan tekstur tersebut bisa kita buat sendiri atau mengambilnya dari komponen yang telah disediakan di dalam properti. Pengkombinasian tekstur dan material di perlukan di dalam desain dan interior memperindah objek yang kita buat. 

Belajar Penggunaan Material dan Tekstur Google SketchUp 

Sebelum lanjut  ke penggunaan properti material dan tekstur sebaiknya mengerti dasar-dasar pada google sketchup  sehingga pembelajaran kita bertahap  step by step.  tolong baca kebali :

 mari kita mulai belajar menggunakannya 

  • Cara menampilkan properti material, Di dalam properti ini terdapat contoh contoh material yang dapat di gunakan dalam model yang kita buat, seperti material warna, batu, kaca, besi, genting dan lainnya.
Sumber: Lynda.com

  • Mengubah material atau material edit, di sini kita dapat mengubah warna ukuran dari material yang kita gunakan sesuai dengan keinginan kita.
Sumber: Lynda.com 

  • Membuat material; di dalam google sketchup dimungkinkan untuk membuat material baru dan di tambahkan ke properti yang ada sesuai dengan nama dan kegunaannya. 




Sumber: Lynda.com

  • Pemetaan/pengaturan gambar , bila kita membuat sebuah model dan menambahkan gambar ke dalam model tersebut, kadang-kadang gambar kita tidak sesuai dengan luas bidang yang kita buat, disini di ajarkan bagaimana mengubah dan memperbaiki agar gambar yang kita akan sanding kan dengan model sesuai yang kita harapkan. 

Sumber: Lynda.com


  • Memasukkan  gambar Bitmap, disini kita akan di terangkan cara memasukkan gambar ke model dengan cara yang berbeda, 
Sumber: Lynda.com

  • Pemetaan/pengaturan gambar pada  objek  lingkaran, kurva, disisnin diterangkan cara memasukkan gambar pada objek atau model lingkaran, bulat.
Sumber: Lynda.com

  • pemetaan/pengaturan gambar pada kurva objek menerangkan teknik pengaturan gambar untuk objek atau model kurva. 
Sumber: Lynda.com 

SketchUp sebagai DESAIN

Desain sebagai  seni terapan, desain sebagai proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru dan hasil karyanya dari proses kreatif tersebut baik berwujud sebagai rancangan, proposal, atau bentuk bentuk lainnya. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya, dan  SketchUp banyak digunakan para desainer untuk mendesain interior dan arsitektur di seluruh penjuru dunia.
Apabila teman-teman mengikuti video tutorial dari awal saya yakin teman teman bisa mulai mendesain sebuah model dengan lengkap atau spesifik. ketika kita sudah berhasil membuat maka kita akan menampilkan model tersebut dari 2D menjadi 3D, dan tutorial selanjutnya bagaimana cara rendering dan membuat animasi dari model yang kita buat.........
lanjut ya di Rendering dan Animation Google SeketchUp.




0 Response to "Membuat Tekstur dan Material Google Sketchup "

Post a Comment

BeGo Adwords 250x250
Seni Menjadi Pedagang Online 336x280